Blog Update Status Online

PMI Grobogan Gelar Diklat PMR Mula




Berita kawanku dari Grobogan

Menyambut peringatan HUT Palang Merah Sedunia pada 8 Mei mendatang, PMI Kabupaten Grobogan menyelenggarakan Pendidikan dan Latihan (diklat) Palang Merah Remaja (PMR) Tingkat Mula (sekolah dasar) tanggal 2 – 4 Mei 2013, di Aula Markas Besar PMI Kab.Grobogan yang  diikuti 40  peserta dari sekolah-sekolah dasar di Kabupaten Grobogan.

Pengurus Bidang SDM dan Relawan., Djaka Widada B, SKM, mengatakan tujuan diadakannya kegiatan untuk meningkatkan Pengetahuan kepalangmerahan peserta dan dapat memahami 7 materi kepalangmerahan serta dapat mengimplementasikan materi ke unit PMR masing – masing. “Hal ini adalah acara yang positif dalam rangka menampung, merencanakan, dan menciptakan ide-ide dalam pengembangan PMR sebagai relawan masa depan,” ungkapnya.

Menurutnya PMR sebagai anggota remaja PMI harus mampu mengembangkan kreatifitasnya dalam merealisasikan prinsip-prinsip dasar gerakan Palang Merah dan Tri Bakti PMR di sekolah masing – masing. Tri Bakti PMR yaitu peningkatan ketrampilan hidup sehat, memberikan pelayanan kepada masyarakat dan mempererat persahabatan nasional/internasional.

“PMR sebagai salah satu kegiatan ekstra di sekolah harus mampu beradaptasi dengan warga sekolah dengan mejadi Peer Leadership, yaitu dapat menjadi contoh/model ketrampilan hidup sehat bagi temen sebaya,” terangnya.
Djaka menambahkan kegiatan PMR harus bisa berintegrasi dengan kegiatan ekstra lain seperti Pramuka, PKS, Pecinta Alam maupun lainnya, karena hal itu merupakan kesempatan yang baik dalam mengimpletasikan materi PMR terutama dalam mengkapanyekan peduli lingkungan, kesehatan maupun Pengurangan Risiko menghadapi pemanasan global (Global Warning System) saat ini.
Rhesiya Septiara, peserta dari SDN 1 KURIPAN mengungkapan rasa senangnya mengikuti diklat. “saya senang dengan diadakannya diklat PMR Mula ini yang dilaksanakan PMI, dan setelah selesai saya akan memberitaukan ke teman2 disekolah untuk mengajak mendirikan PMR di sekolah,” ujarnya sembari tersenyum.

Sementara Kepala UPTD DIKDAS Dinas Pendidikan Kecamatan Purwodadi Ahmadi S.Pd M.Pd di sela-sela membuka acara menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada anggota PMI dan bahagia sekali PMI peduli dan bertoleransi yang tinggi terhadap dunia pendidikan serta mampu menggelar acara semacam ini. “PMR sebagai salah satu kegiatan ekstra disekolah, dapat meningkatkan pengetahuan dan menambah ketrampilan siswa, perlu dikembangkan disekolah-sekolah,” pungkasnya.


Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Pengurus Bidang SDM dan Relawan., Djaka Widada B, SKM. 08122823860, Gesit K, staf SDM PMI Grobogan 085641591269. Kontak media : M Nashir J 081229011455-081575629072





Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : PMI Grobogan Gelar Diklat PMR Mula

0 komentar:

Posting Komentar